Jumat, 06 Maret 2009

komputer : internet (jangan cuma make', tapi kudu tau apa itu)

INTERNET

Internet merupakan jaringan global yang terdiri dari berbagai komputer yang saling berhubungan dan bekerjasama dengan cara berbagai informasi dan data menggunakan protocol TCP/IP.

Sejarah internet

Internet pertama kali dikembangkan oleh ARPANET (Advanced Research Project Agency) untuk keperluan militer pada tahun 1969.

Manfaat Internet

  • Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran (decentralization) informasi dan data secara ekstrim.
  • Berbagai transaksi jual beli kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet.
  • Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
  • Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government.

Fasilitas Internet

Ø WEB BROWSER

Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah: Netscape Navigator/Comunicator, Internet Explorer, Mozila, Opera, NCSA Mosaic, Arena, Lynx, dan lain-lain.

Ø EMAIL (ELEKTRONIK MAIL)

Elektronik Mail (disingkat email atau surat-e) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (juga: posel atau pos elektronik, dan imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an.

Ø TELNET

fasilitas dimana kita bisa berhubungan dengan computer orang lain melalui internet untuk mencari atau mengambil informasi-informasi yang ada di komputer tersebut.

Ø FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)

fasilitas ini digunakan untuk mentransfer informasi dari sebuah komputer ke komputer lain/server melalui Internet (Up-load), dan bila perlu kita dapat menyalin file (download).

Ø MAILING LIST (MILLIS)

Mailing list merupakan satu salah fasilitas internet untuk berdiskusi melalui email. Dibagi menjadi 2 kategori: Berdasarkan topik dan kelompok tertentu. Mailing list diatur oleh server mailing list. Yang peling terkenal adalah Yahoogroups.


Ø CHATTING

1. Chatting dengan menggunakan Yahoo Messenger.

2. Chatting dengan menggunakan mlRc


kalo ada keKURANGan, ssi minta mav ia ^^) tapi seGaknya ini cuma buat refrensi ajaa.. thx buad kunjungan kalian. jangan lupa komen di ssi.blebebh@yahoo.com ato komen aja di blog ini .

suksess ia !!!!
-ssi loves G-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar